Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Surakarta)

Duvamindra, Ginanjar Yudha and , Fauzan SE, M.si, CA, (2015) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Pemerintah Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.PDF

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.PDF

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah dengan budaya organisasi dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Kota Surakarta. Metode pengumpulan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 56 responden. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan angggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparat, dengan turut serta para pegawai dalam proses penyusunan anggaran, maka mereka juga merasa bertanggung jawab atas keberhasilan program yang dijalankan. Selain itu, dalam penelitian ini juga terdapat faktor-faktor situasional yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparat yaitu komitmen organisasi dan budaya organisasi. Tingkat komitmen organisasi yang tinggi akan menjadikan individu lebih mementingkan organisasi daripada kepentingan pribadinya, sehingga tiap-tiap individu akan selalu meningkatkan kinerjanya karena mereka akan selalu berusaha agar organisasi tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Demikian juga dengan faktor budaya organisasi, penelitian ini membuktikan bahwa budaya organisasi yang dilandasi rasa saling percaya, kekeluargaan, menghargai gagasan bawahan dan adanya komunikasi yang terbuka secara signifikan dapat meningkatkan kinerja para pegawai pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja aparatur pemerintah, budaya organisasi dan komitmen organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username b200110246
Date Deposited: 06 Nov 2015 06:19
Last Modified: 26 Sep 2016 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39267

Actions (login required)

View Item View Item