Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Discovery Learning (Ptk Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016)

Cahyani, Aprillia (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Discovery Learning (Ptk Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika dengan subjek siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sambi tahun ajaran 2015/2016 melalui model discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dilihat dari: 1)menyatakan ulang sebuah konsep pada soal sebelum tindakan 8 siswa (40%) setelah tindakan 14 siswa (70%), 2)memberikan contoh dari suatu konsep sebelum tindakan 7 siswa(35) setelah tindakan 13 siswa (65%), 3)mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah sebelum tindakan 7 siswa (35%) setelah tindakan 16 siswa (80%). Sedangkan peningkatan pemecahan masalah matematika yang dapat dilihat dari: 1) memahami masalah sebelum tindakan 5 siswa (25%) setelah tindakan 14 siswa (70%), 2) merencanakan penyelesaian masalah sebelum tindakan 4 siswa (20%) setelah tindakan 12 siswa (60%), 3) melaksanakan penyelesaian masalah sesuai rencana sebelum tindakan 6 siswa (30%) setelah tindakan 12 siswa (60%), 4) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah sebelum tindakan 7 siswa (35%) setelah tindakan 13 siswa (65%). Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model discovery learni

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, pemecahan masalah matematika, discovery learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username a410110120
Date Deposited: 06 Nov 2015 02:59
Last Modified: 06 Nov 2015 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39254

Actions (login required)

View Item View Item