Implementasi Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

Waskito, Galih and , Prof. DR. Bambang Sumardjoko, M.Pd. (2015) Implementasi Karakter Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI .pdf

Download (469kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depane doc.pdf

Download (810kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk penanaman karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015, dan 3) Mendeskripsikan hambatan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Subjek penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP, dan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek penelitian dalam penelitian ini meliputi sikap-sikap yang mencerminkan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara atau diskusi, observasi, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua jenis trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi: a) Membuat laporan setiap kegiatan yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tulisan. b) Mengerjakan tugas sepenuh hati. c) Menghindari kecurangan dalam melaksanakan kegiatan. d) Apabila salah mau menerima hukuman atau sanksi. 2) Bentuk-bentuk Penanaman Karakter Tanggung Jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi: a) Menyampaikan kepada peserta didik tentang pentingnya perilaku bertanggungjawab, b) Meminta peserta didik untuk melakukan tugas sekolah disertai permintaan pertanggungjawaban, c) Tidak memberikan pemakluman atau alasan yang dikemukakan peserta didik, dan d) Menentukan konsekuensi yang diberikan jika peserta didik tetap tidak bertanggungjawab. 3) Hambatan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015, meliputi: 1) Faktor intern yaitu faktor dari dalam individu, dan (2) Faktor ekstern yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter, Tanggung jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Nov 2015 02:37
Last Modified: 06 Oct 2021 13:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39251

Actions (login required)

View Item View Item