Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty And Data Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa

Setyaningsih, Sri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2015) Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Uncertainty And Data Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Siswa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (648kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (857kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRANS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal-soal matematika model PISA pada konten Uncertainty and Data untuk mengukur kemampuan penalaran siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan walkthrough, dokumen dan tes. Setelah melalui tahap one-to-one, small group dan validasi secara deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas X.1 SMA Negeri 1 Nogosari, dengan kesimpulan yaitu: 1) prototype soal yang dikembangkan telah memenuhi criteria valid dan praktis, 2) berdasarkan proses pengembangan diperoleh bahwa soal yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap keampuan penalaran matematis siswa terlihat dari hasil tes siswa dengan rata-rata 52,88 dengan kategori baik, 3) sebagian dari siswa masih memiliki penalaran matematis yang kurang karena kesulitan dalam mengidentifikasi permasalahan yang diberikan pada soal. Oleh karena itu soal-soal yang dikembangkan dapat digunakan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: soal matematika, PISA, Uncertainty and Data, kemampuan penalaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username a410110008
Date Deposited: 06 Nov 2015 01:31
Last Modified: 12 Oct 2021 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item