Studi Winglet Naca 2409 Menggunakan Computational Fluid Dynamic (CFD)

Komarudin, Alif and , Ir. Sarjito, MT., Ph.D. and , Ir. Sunardi Wiyono, MT (2015) Studi Winglet Naca 2409 Menggunakan Computational Fluid Dynamic (CFD). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (686kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (459kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Di masa lalu penelitian untuk mengetahui peforma suatu benda aerodinamika harus melalui simulasi wind tunnel. Dalam hal ini pengujian menggunakan wind tunnel dari segi akurasi, seksi uji, dan biaya kurang efektif. Oleh sebab itu pada perkembangan teknologi guna memperoleh efektifitas dan akurasi hasil, seksi uji, serta biaya dikembangkan softwere pengganti simulasi wind tunnel, Softwere itu antara lain Ansys, SolidWork, dsb. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui optimal winglet, hubungan antara ketinggian penerbangan terhadap performa coefisient lift (CL) dan coefisient drag (CD), distribusi tekanan sertakecepatan pada winglet. Dalam studi penelitian ini dijelaskan hubungan kinerja winglet NACA 2409 pada ketinggian penerbangan 2 km, 4 km, 6 km, 8 km, 10 km, 12 km, 14 km, 16 km, 18 km, 20 km, 24 km, 28 km, 30 km, 32 km terutama hubungan CL dan CD secara komputasi. Percobaan diawali dengan pembuatan model winglet menggunakan SolidWorks, setelah itu meshing dan proses perhitungan yang dilakukan software Ansys-CFD. Analisa meliputi distribusi tekanan dan kecepatan. Hasil penilitian menujukan bahwa kenaikan ketinggian penerbangan dikuti perubahan beberapa hal. Hal tersebut adalah tekanan, suhu, densitas, serta gaya angkat dan gaya hambat. hasil yang diperoleh yang tertinggi pada ketinggian 20 km dengan presurre 5529 Pa, densitas 0,0889 kg.m-3, suhu 216,6 K mendapatkan koefisien lift ( CL ) sebesar 0,921626346 serta koefisien Drag ( CD ) sebesar 0,053 . Hasil terendah pada ketinggian 32 km dengan pressure 889 Pa, densitas 0,0889 kg.m-3, suhu 228,5 K mendapatkan koefisien lift ( CL ) sebesar 0,5266 serta koefisien Drag ( CD ) sebesar 0,0385.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: winglet, NACA, Ketinggian, CL, CD
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username d200110134
Date Deposited: 05 Nov 2015 08:04
Last Modified: 13 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39214

Actions (login required)

View Item View Item