PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Ibnu Wijaya, Harmada (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
10. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (397kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
00 HAL DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB 1)
01 BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (BAB 2)
02 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB 3)
03. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB 4)
04 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB 5)
05 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
09. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA HARMADA IBNU WIJAYA, A 210080086, Jurusan Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat menghasilkan hasil belajar yang lebih baik daripada penggunaan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan pasar. (2) Interaksi antara metode pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII SMP Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang diambil sebanyak 9 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 35 anak sebagai kelompok eksperimen di Kelas VIIIA dan siswa kelas VIIIB yang berjumlah 35 anak sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Berdasar hasil analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi pokok kehidupan awal masyarakat kepulauan Indonesia yang menggunakan model Make a match diperoleh hasil post test rata-rata sebesar 85,69. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang tidak menggunakan model pembelajaran Make a match atau menggunakan metode konvensional diperoleh hasil post test rata-rata sebesar 66,66. (3) 3. Pembelajaran IPS siswa kelas VIII SD Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Make a match Menghasilkan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan pembelajaran IPS yang menggunakan metode konvensional . Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan uji t diperoleh thitung = 84,024 sedangkan ttabel(0,95) = 2,03. Karena thitung > ttabel yaitu 4,060 > 2,03, Kata Kunci : Make A Match dan Motivasi Belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Make A Match dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210080086
Date Deposited: 05 Nov 2015 08:11
Last Modified: 05 Nov 2015 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39210

Actions (login required)

View Item View Item