Strategi Dakwah Aisyiyah Melalui Pendidikan Untuk Mengembangkan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2014-2015

Sulhah, Atina Amalia and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag and , Drs. Ma'arif Jamuin, M.Si (2015) Strategi Dakwah Aisyiyah Melalui Pendidikan Untuk Mengembangkan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab VI)
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
11. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendidikan apa saja yang dilakukan Aisyiyah di Bangsri tahun 2014-2015 dan mengetahui proses atau acara strategi dakwah Aisyiyah dalam Mengembangkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Jenis penelitian ini adalah field research, karena yang diteliti adalah sesuatu yang ada di lapangan berupa fakta sosial. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan kerangka berfikir deskriptif kualitatif, melalui analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aisyiyah di Desa Bangsri Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara telah memberikan kontribusi yang besar di kalangan masyarakat dan anggotanya, dengan membangun ukhuwah Islamiyah melalui lembaga-lembaga pendidikan formal; berdirinya TK dan PAUD, pendidikan informal berupa penanaman ideologi Muhammadiyah kepada para anggota Aisyiyah maupun pendidikan non formal berupa pengajian rutin oleh Aisyiyah, dengan cara metode dakwah bil lisān (ceramah). dakwah bil ḥāl (kegiatan nyata), dakwah bil mau‘iẓah ḥasanah (nasehat dan bimbingan). Bentuk- bentuk ukhuwah Islamiyah yang digunakan oleh Aisyiyah adalah, pertama ukhuwwah fil ‘ubūdiyyah, anggota Aisyiyah bersaudara dengan sesama makhluk ciptaan Allah baik itu manusia ataupun alam semesta melalui penanaman pohon dan bunga. Kedua, ukhuwwah fil insāniyyah anggota Aisyiyah ditekankan untuk menghormati dan tidak membedakan dalam pergaulan mereka, dengan siapapun boleh bergaul tidak membedakan latar belakang dari mana organisasinya. Ketiga ukhuwwah fiddīn al-Islāmī anggota Aisyiyah dianjurkan untuk hidup rukun, saling menghormati, saling membantu, kerja sama, tenggang rasa, solidaritas, sosial, dengan mendudukkan pada posisinya masing-masing sesuai dengan ciri khas bentuk ukhuwah yang dilakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Aisyiyah, Ukhuwah Islamiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110057
Date Deposited: 05 Nov 2015 07:03
Last Modified: 08 Oct 2021 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39149

Actions (login required)

View Item View Item