Implementasi Karakter Kreatif Dan Mandiri Dalam Organisasi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Himpunan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Tahun 2014/2015)

Akhmadah, Adina Nurul (2015) Implementasi Karakter Kreatif Dan Mandiri Dalam Organisasi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Himpunan Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.PDF

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (256kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi karakter kreatif dan mandiri dalam organisasi mahasiswa pada Himpunan Mahasiswa PPKn berikut manfaatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. analisis data dilakukan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator yang menjadi acuan dalam menghimpun data penelitian ini meliputi ketekunan dan keberanian dalam menghadapi resiko, mampu berkembang terhadap pengalaman baru serta ide-ide baru yang bermanfaat, bersikap dan berperilaku lebih mengandalkan inisiatif, bertanggungjawab pada diri sendiri secara konsekuen, dan menghindari ketergantungan pada orang lain. Hasil menunjukkan bahwa 1) memberikan sebuah gagasan baru dan ide-ide yang bermanfaat di dalam organisasi mahasiswa maupun dalam pengalaman baru untuk mengembangkan kemampuan diri. 2)bertanggung jawab terhadap amanah yang telah diberikan dan mampu menyelesaikan tugas tanpa bergantung dengan orang lain. 3) sangat bermanfaat dengan sama-sama merealisasikan karakter kreatif dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi karakter, kreatif dan mandiri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with username a220110016
Date Deposited: 04 Nov 2015 05:51
Last Modified: 26 Nov 2019 01:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39013

Actions (login required)

View Item View Item