Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp N 2 Gatak 2015/ 2016)

Biliyanti, Anisa (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp N 2 Gatak 2015/ 2016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (403kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (518kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajara matematika s iswa. Pendekatan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru berkolabolasi dengan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, dan siswa kelas VIII A SMP N Gatak Sukoharjo yang berjumlah 28 siswa. Teknik Pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan, catatan lapangan dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukan melalui indikator motivasi belajar meliputi: 1) Siswa yang memiliki kemauan untuk mengerjakan soal 18 orang (64,28%), 2) Siswa memiliki kemauan memperhatikan penjelasan guru sebanyak 17 orang (60,71%), 3) Siswa yang memiliki keberanian bertanya pada guru tentang hal yang belum diketahui sebanyak 19 orang (67,85%). Pada siklus ini juga diperloleh data tentang kemampuan pemahaman konsep matematika siswa: 1) Menyatakan ulang sebuah konsep 20 orang (71,42%), 2) Siswa mampu menerapkan metode dari konsep materi yang dipelajari 18 orang (64,28%). Sehingga dapat disimpulkan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pemahaman konsep belajar siswa, strategi pembelajaran index card match
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username a410110069
Date Deposited: 04 Nov 2015 02:02
Last Modified: 04 Nov 2015 02:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38986

Actions (login required)

View Item View Item