STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI ANTARA METODE DRILL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMA NEGERI I KARANGDOWO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Sukarman, Sukarman (2009) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI ANTARA METODE DRILL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMA NEGERI I KARANGDOWO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210070180.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A210070180.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetaui perbedaan prestasi belajar kelas XII IPS 2 yang menggunakan metode Drill dengan kelas XII IPS 3 yang menggunakan metode Konvensional pada pokok bahasan kertas kerja dan laporan keuangan perusahaan dagang di SMA Negeri I Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009 sejumlah 157 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sample diambil secara random sampling sejumlah 60 dari dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan prasyarat uji t-matching. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan db=57 maka diperoleh thitung > ttabel (8,865 > 2,001), berarti bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat pengajaran dengan metode Drill lebih baik dari pada prestasi akuntansi siswa yang mendapat pengajaran degnan menggunakan metode Konvensional bagi siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Karangdowo tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi: ”Prestasi pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan metode drill di kelas XII IPS2 lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional di kelas XII IPS3 pada materi pokok kertas kerja dan laporan keuangan perusahaan dagang di SMA Negeri I Karangdowo Tahun Pelajaran 2008/2009” teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar akuntansi menggunakan metode driil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 31 Jul 2009 05:58
Last Modified: 02 Jan 2012 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item