Penyelesaian Sengketa Perjanjian Kredit Antara Pt Bank Mutiara Dengan Debitur (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Surakarta)

Widowati, Indri Hapsari (2015) Penyelesaian Sengketa Perjanjian Kredit Antara Pt Bank Mutiara Dengan Debitur (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
artikel publikasi.pdf

Download (436kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (777kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I FIX.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III FIX (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Dalam praktek kehidupan sehari-hari banyak anggota masyarakat yang meminjam uang di bank. Kegiatan pinjam-meminjam itu dituangkan secara tertulis di dalam perjanjian kredit dengan bank sebagai pihak kreditur dan nasabah sebagai pihak debitur. Kredit yang diberikan oleh kreditur mengandung risiko, maka dalam setiap pemberian kredit, bank tidak diperkenankan memberikan kredit tanpa ada suatu perjanjian tertulis. Itu sebabnya diperlukan suatu jaminan kredit dengan disertai keyakinan akan kemampuan debitur melunasi utangnya, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan. Namun dalam pelaksanaannya sering debitur mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. Debitur tidak dapat membayar lunas hutangnya setelah jangka waktunya habis/wanprestasi, sehingga menimbulkan sengketa dengan pihak bank. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan normatif yang bersifat deskriptif. Menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi kepustakaan, dokumentasi, daftar pertanyaan dan wawancara. Dengan menggunakan analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penyelesaian sengketa kredit antara PT. Bank Mutiara Tbk, cabang Surakarta dengan debitur dilakukan melalui jalur pengadilan. Didasarkan pada putusan Pengadilan Negeri Surakarta dengan perkara Nomor: 130/Pdt.G/2013/PN.Ska dari hasil kesimpulan pembuktian pada saat persidangan, bahwa penggugat (debitur) tidak dapat membuktikan bahwa Tergugat (PT. Bank Mutiara Tbk) telah wanprestasi. Oleh karena itu gugatan yang diajukan Penggugat (debitur) tidak dapat diterima (Niet Ontvankelijk VerSeklaard).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sengketa perjanjian kredit dan Penyelesaian sengketa perjanjian kredit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Unnamed user with username c100100011
Date Deposited: 04 Nov 2015 02:14
Last Modified: 04 Nov 2015 02:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38957

Actions (login required)

View Item View Item