Analisis Pengaruh Sambungan Mekanik Tipe Bolted Bonded Terhadap Kekuatan Tarik Pada Komposit Polyester Serat Batang Pisang

Cahyono, Aji Nur and , Ir. Ngafwan, MT and , Agus Dwi Anggono ST, MSc, Ph.D (2015) Analisis Pengaruh Sambungan Mekanik Tipe Bolted Bonded Terhadap Kekuatan Tarik Pada Komposit Polyester Serat Batang Pisang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
haldep.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
Image (128).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sambungan mekanik pada komposit polyester tipe bolted bonded terhadap kekuatan geser pada sambungan serat batang pisang, perbandingan kekuatan geser pada lubang dengan cara dibor dan dicetak dengan memvariasi besarnya pengaruh akibat perubahan fraksi volume serat pada daerah sambungan tipe bolted bonded. Proses awal pemotongan kulit batang pohon pisang kemudian proses perendaman selama 1 bulan atau lebih dilanjutkan dengan penyikatan menggunakan skrap sampai keluar seratnya. Penjemuran ditempat sejuk sampai kering selanjutnya proses pencucian menggunakan larutan kimia 5% Kalium permangant per 1 liter aquades selama 2 jam. penjemuran dibawah sinar matahari sampai kering dilanjutkan proses oven hingga kadar air konstan. Pembuatan komposit dengan metode hand Lay-up, dengan menggunakan perbandingan fraksi volume serat 30% dan resin polyester 70%. Pengujian geser menggunakan standart ASTM D 5961 serta foto makro komposit polyester serat batang pohon pisang setelah pengujian kekuatan geser. Hasil pengujian disimpulkan bahwa pada pengujian tarik spesimen komposit dengan lubang dibor mempunyai kekuatan tarik sebesar 15,263 N/mm², dicetak 15,375 N/mm², bor serat diperbesar 5% yaitu 15,475 N/mm², dan cetak serat diperbesar 5% adalah 16,975 N/mm². Hasil kekuatan pembuatan lubang dicetak lebih baik dibandingkan dengan pembuatan lubang yang dibor. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kerusakan delaminasi pada spesimen pembuatan lubang dicetak seperti yang terjadi pada saat pembuatan lubang dibor dan pada daerah sekitar lubang dicetak tidak terjadi daerah miskin serat (rich matrix) Sehingga kekuatan tariknya tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Serat batang pohon pisang, resin polyester, bor, cetak, sambungan tipe bolted bonded dan foto makro.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Aji Nurcahyono
Date Deposited: 03 Nov 2015 08:47
Last Modified: 13 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38956

Actions (login required)

View Item View Item