MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VII E SMP NEGERI 2 BABAT KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR

Zaenah, Umi (2009) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS VII E SMP NEGERI 2 BABAT KABUPATEN LAMONGAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210070107.pdf

Download (74kB)
[img] PDF
A210070107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas praktek pembelajaran mata pelajaran Geografi di kelas VII E tahun pelajaran 2007-2008 Metode penelitian menggunakan metode alur dan model siklus, Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi-evaluasi, sedangkan subyek penelitian siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Babat, jenis data dan alat penyimpulannya menggunakan teknik observasi dengan panduan untuk mengukur tingkat perilaku belajar mandiri siswa menyelesaikan tugas, dan analisis data menggunakan analisis model interaktif meliputi redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian dilakukan melalui proses pengambilan intisari dari sajian data yang disusun dengan kesimpulan sementara sebagai dasar perbaikan dan selanjutnya kesimpulan akhir sebagai hasil seluruh siklus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Siswa belajar mandiri, Belajar ilmu pengetahuan sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 31 Jul 2009 03:48
Last Modified: 16 Nov 2010 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item