Pengaruh Pemiijatan Tungkai Dan Kaki Dengan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer

Setyawati, Tiara and , Isnaini Herawati, S.Fis, S.Pd, M.Sc and , Wahyuni.S.Fis.,SKM.,M.Kes (2015) Pengaruh Pemiijatan Tungkai Dan Kaki Dengan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan penyakit kelainan jantung yang ditandai oleh meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Penyakit hipertensi sering ditemukan pada lansia. Hipertensi terjadi karena menurunnya elastisitas arteri yang disebabkan oleh proses menua. Pijat tungkai dan kaki adalah pemijatan pada area tungkai dan kaki yang dapat menurunkan hipertensi dan bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan memberikan rasa nyaman. Aromaterapi lavender adalah aromaterapi yang berasal dari bunga lavender dengan kandungan lynalyl ester berkhasiat menenangkan dan bermanfaat untuk mengatasi stres, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh pemijatan tungkai dan kaki dengan aromaterapi lavender terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi primer. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan rancangan randomized control group pretest posttest design. Jumlah sampel penelitian yaitu 9 orang, dibagi menjadi kelompok perlakuan (4 orang) dan kelompok kontrol (5 orang). Pengukuran tekanan darah menggunakan Sphygmomanometer. Teknik analisa data menggunakan Wilcoxon signed ranks test dan Mann-whitney test. Hasil Penelitian : Setelah dilakuakn uji statistik Wilcoxon signed ranks test didapatkan hasil tekanan darah sistolik signifikan nilai p=0,046 <0,05 pada kelompok perlakuan dan p=0,042 <0,05 pada kelompok kontrol. Dan hasil tekanan darah diastolik signifikan nilai p=0,046 <0,05 pada kelompok perlakuan dan p=0,083 >0,05 pada kelompok kontrol. Kesimpulan : Ada pengaruh pemijatan tungkai dan kaki dengan aromaterapi lavender dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemijatan tungkai dan kaki, aromaterapi lavender, hipertensi primer
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RH Physiotherapy
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Unnamed user with username j120110052
Date Deposited: 03 Nov 2015 04:27
Last Modified: 06 Jul 2022 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38916

Actions (login required)

View Item View Item