HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN DAN PROMOSI JABATAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PT. HANIL INDONESIA BOYOLALI

Wulandari, Reni (2009) HUBUNGAN ANTARA PENDAPATAN DAN PROMOSI JABATAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA PT. HANIL INDONESIA BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img]
Preview
PDF
A210050146.pdf

Download (38kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara pendapatan dengan motivasi berprestasi. (2) hubungan promosi jabatan dengan motivasi berprestasi. (3) hubungan antara pendapatan dan promosi jabatan secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Hanil Indonesia yang berjumlah 200 orang. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang karyawan (25%) yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda, analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,403 + 0,660.X1 + 0,485.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan pendapatan dan promosi jabatan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: (1) Pendapatan berhubungan positif dengan motivasi berprestasi karyawan PT. Hanil Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 6,089 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (2) Promosi jabatan berhubungan positif dengan motivasi berprestasi karyawan PT. Hanil Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 5,062 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (3) Pendapatan dan promosi jabatan secara bersama-sama berhubungan positif dengan motivasi berprestasi karyawan PT. Hani Indonesia. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 82,209 lebih besar dari Ftabel (3,23) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi pendapatan terhadap motivasi berprestasi karyawan adalah sebesar 43,3%, sedangkan promosi jabatan memberikan kontribusi sebesar 34,4%, sehingga total sumbangan pendapatan dan promosi jabatan dalam meningkatkan motivasi berprestasi karyawan adalah sebesar 77,8%. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pendapatan, promosi jabatan, motivasi berprestasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 31 Jul 2009 03:21
Last Modified: 16 Nov 2010 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item