Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memperbaiki Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Karya 05 Teras Boyolali (Studi Kasus Kenakalan Siswa )

Supryadi, Ahmad and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. M. Yusron, M.Ag (2015) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memperbaiki Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Karya 05 Teras Boyolali (Studi Kasus Kenakalan Siswa ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Arti ajaran Rasulullah SAW adalah perbaikan akhlak. Inti ajaran ini berkaitan dengan salah satu krisis yang dirasakan bangsa Indonesia, yaitu krisis moral. Gambaran kenakalan remaja dapat dilihat melalui media cetak maupun elektronik bahkan dapat diketahui langsung, tawuran antar pelajar, penghadangan terhadap guru, pengrusakan gedung-gedung sekolah, perkelahian antar pelajar, obat-obat terlarang, minuman keras yang dibawa pelajar baik di sekolah maupun diluar sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan Bhineka Karya 05 Teras adalah salah satu sekolah swasta yang beralamat di Jalan Raya Solo-Boyolali Teras, Kabupaten Boyolali merupakan sebuah institusi pendidikan dengan kondisi siswa berlatar belakang keluarga tidak mampu dan broken home. Persoalan akhlak dan budi pekerti yang sampai saat ini masih sering muncul adalah kurangnya sopan santun siswa terhadap guru, dalam berkomunikasi dengan guru menggunakan bahasa yang tidak etis (pakai jawa ngoko), sering membantah apabila diberi pengarahan dan kurang berbakti kepada orang tua dengan salah satu bukti tidak membayarkan uang SPP kepada sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan usaha apa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk memperbaiki akhlak siswa di SMK Bhineka Karya 05 Teras Boyolali sedangkan manfaat yang akan diambil adalah sebagai pertimbangan bagi orang tua, guru dan sekolah dalam menanamkan pendidikan agama. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan faktor-faktor masalah-masalah berkaitan dengan rendahnya akhlak siswa di SMK Bhineka Karya 05 Teras, Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research), dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan proses analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa upaya yang selama ini telah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bhineka Karya 05 Teras untuk mengurangi penyimpangan akhlak pada siswa-siswanya antara lain melibatkan siswa terhadap kegiatan hari besar Islam seperti kegiatan zakat fitrah dan penyembelihan hewan qurban, secara rutinitas membaca surat pendek di awal masuk kelas sebagian siswa lain menyimak dan pelanggaran yang dilakukan siswa dengan menghadirkan orang tua wali murid untuk mengkomunikasikan masalah yang sedang dihadapi siswa. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Akhlak, Siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Akhlak, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110054
Date Deposited: 03 Nov 2015 07:56
Last Modified: 08 Oct 2021 13:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38883

Actions (login required)

View Item View Item