Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

AININ ARTYANI, MIRZA (2015) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Abstrak Mahasiswa sebagai subyek menuntut ilmu di perguruan tinggi tidakakan terlepas dari keaktivan belajar dan mengerjakan tugas. Salah satu kriteria yang menunjukkan bahwa seorang masiswa berhasil adalah masiswa yang mempunyai kemampuan untuk membagi waktunya dengan baik dalam menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu. Banyak mahasiswa yang menunda mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dengan melakukan aktivitas yang tidak begitu penting sperti menonton film, nongkrong dipos-pos UKM, ada yang kurang yakin dengan pekerjaan yang dibuat, bahkan sampai tidak masuk kuliah dan lebih memilih untuk menghibur diri untuk melupakan tugas dengan pergi ke mall dan karaoke.Mereka kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang deberikan oleh dosen karena mereka menilai dirinya kurang mampu dan lebih menunggu teman yang lain menyelesaikan pekerjaan untuk melihat apakah pekerjaannya benar atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik, 2) untuk mengetahui sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap prokrastinasi akademik, 3) untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, 4) untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012 dan 2013dengan jumlah subyek sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kepercayaan diri dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment dengan program SPSS versi 17 for windows program. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar rxy = -0.623 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik.Sumbangan efektif yang diberikan kepercayaan diri adalah sebesar 58,21 % kepada perilaku prokrastinasi akademik. Sedangkan 41, 79 % ditentukan oleh faktor lain seperti kriteria tugas dan situasi. Kata kunci : kepercayaan diri, prokrastinasi akademik, mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, prokrastinasi akademik, mahasiswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with username f100110029
Date Deposited: 02 Nov 2015 03:28
Last Modified: 02 Nov 2015 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38761

Actions (login required)

View Item View Item