Pusat Penelitian Bambu Sebagai Sumber Informasi, Penelitian, Dan Pengembangan Bambu Di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten (Penekanan Pada Struktur Bentang Lebar Material Bambu)

Wibowo, iwan and , Ir. Samsudin Raidi M.Sc (2015) Pusat Penelitian Bambu Sebagai Sumber Informasi, Penelitian, Dan Pengembangan Bambu Di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten (Penekanan Pada Struktur Bentang Lebar Material Bambu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (naskah publikasi)
2. naskah publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. Halaman depan ok.pdf

Download (851kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAN)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bambu berpotensi dijadikan material struktur bangunan bentang lebar karena bambu mempunyai keunggulan yaitu dengan meterial yang ringan namun memiliki kekuatan yang tinggi,. Selain itu, karakter yang fleskibel (mudah dibentuk), berpotensi untuk bentuk – bentuk yang lengkung (bentuk yang cukup sulit dicapai dengan material konstruksi lainnya). Dari sisi arsitektur bentuk merupakan hal yang paling dilihat secara fisik sehingga perancangan sebuah bangunan harus memikirkan sruktur dan bentuk. Dalam hal ini bentuk dapat tercipta dari analisa penyaluran beban. ( Macdonald, 2002 ). Tanaman bambu di Indonesia sangat pesat dan berananekaragam seperti bambu Apus, bambu Tali, bambu Petung , maupun bambu Ori. Selain itu masyarakat di Indonesia banyak memanfaatkan bambu diantaranya sebagai bahan bangunan, maupun sebagai kayu bakar. Sehingga banyak inovasi pemanfaatan bambu misalnya bambu yang dimanfaatkan sebagai struktur pada bangunan Dari keterangan di atas maka penulis mengambil judul Pusat Penelitian Bambu Sebagai Sumber Informasi, Penelitian Dan Pengembangan Bambu di Kelurahan Ceper, KlatenPenekanan Pada Struktur Bentang Lebar Material Bambu. Pusat Penelitian Bambu ini adalah suatu tempat atau wadah yang digunakan sebagai pusat kegiatan pameran, promosi dan budidaya bambu, selain itu dapat berfungsi sebagai pusat pengembangan kegiatan kebudayaan setempat dengan penekanan pada struktur bambu bentang lebar yang sesuai dengan lingkungan sekitar dan sosial masyarakat. Alasan penulis mengambil judul tersebut karena Indonesia sampai sekarang belum mempunyai bangunan penelitian yang berkaitan dengan bambu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bambu, Bentang Lebar, Fleskibel, Material, dan Struktur
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Unnamed user with username d300110017
Date Deposited: 31 Oct 2015 07:41
Last Modified: 17 Jun 2016 07:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38704

Actions (login required)

View Item View Item