PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERBANKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK AKUNTANSI III PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009

KUSNAWENI , GARNIS (2009) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERBANKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK AKUNTANSI III PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF
A210050127.pdf

Download (37kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan prestasi belajar Akuntansi Perbankan terhadap prestasi belajar Praktek Akuntansi III. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan fenomena pada objek penelitian apa adanya dan disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan Tahun 2005 yang berjumlah 180 orang. Sampel yang diambil sebanyak 45 orang mahasiswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional accidental random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi Y = 2,281 + 0,277.X1 + 0,255.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar praktek akuntansi III dipengaruhi oleh motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi perbankan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar praktek akuntansi III pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (6,191 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%. (2) Prestasi belajar akuntansi perbankan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar praktek akuntansi III pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,771 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%. (3) Motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi perbankan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar praktek akuntansi III pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Tahun Ajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (27,280 > 3,23) pada taraf signifikansi 5%. Pengujian koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,565 yang artinya 56,5% variasi dari prestasi belajar praktek akuntansi III dipengaruhi oleh motivasi belajar dan prestasi belajar akuntansi perbankan, sedangkan 43,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: motivasi belajar, prestasi belajar Akuntansi Perbankan, prestasi belajar Praktek Akuntansi III
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 31 Jul 2009 03:06
Last Modified: 16 Nov 2010 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item