Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Bermain Balok Angka Pada Anak Di Paud Kb Barokah Karanggeneng Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2015/2016

RAMINI, RAMINI and , Dr. Darsinah, M. Si (2015) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Bermain Balok Angka Pada Anak Di Paud Kb Barokah Karanggeneng Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (11MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaandi PAUD KB Barokah Karanggeneng Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah anak PAUD KB Barokah Karanggeneng Kecamatan Kunduran Blora.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis yang digunakan untuk analisis data kualitatif dan teknik analisis komparatif untuk membandingkan hasil tiap siklus.Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan hitung permulaan rata-rata nilai yang diperoleh dari sebelumnya pada pra siklus48,36% kemudian pada siklus I 71,05%dan siklus kedua peningkatan kemampuan berhitung dengan bermain balok angkamenjadi 89,69%. Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui bermain balok angkaterbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaanpada anak diPAUD KB BarokahKaranggeneng Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan , berhitung permulaan,balok angka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username a53i130018
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:51
Last Modified: 09 Oct 2021 07:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38507

Actions (login required)

View Item View Item