Purwani, Wahyu and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Kegiatan Menggambar Bebas Terbatas Bentuk Bangunan Pada Anak Didik Kelompok B Semester I TK Pertiwi Sambiroto Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian awal di TK Pertiwi Sambiroto, Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016 pada anak didik kelompok B semester 1, dalam pengembangan kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan,kreativitas menggambar masih menggunakan metode mencontoh pada guru dan kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk menunjang kegiatan menggambar bebas terbatas bentuk bangunan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak didik kelompok B semester 1 di TK Pertiwi Sambiroto Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016 kurang atau rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas terbatas bentuk bangunan pada anak didik kelompok B semester 1 TKPertiwi Sambiroto Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif (Moleong, 2007:4) menjelaskan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskritif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) upaya mengembangkan kereativitas dapat dilakaukan melalui kegiatan menggambar bebas terbatas bentuk bangunan. (2) Dari hasil obsevasi pra siklus sebagai kondisi awal sebesar 33,33 % dan ditingkatkan menjadi 60% pada tindakan siklus pertama.Hasil belajar ini meninsgkat meerdnjadi 86,87% berdasarkan hasil tindakan pada siklus kedua .Keberhasilan ini tergantung pada metode dan media yang yang digunakan guru secara tepat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengembangkan Kereativitas,Mennggambar bebas terbatas bentuk bangunaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with username a53i130044 |
Date Deposited: | 16 Jan 2016 03:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 07:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38501 |
Actions (login required)
View Item |