PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TK MUSLIMAT 2 TAWANGREJO KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA TAHUN 2015/2016

Khasanah, Uswatun (2015) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TK MUSLIMAT 2 TAWANGREJO KECAMATAN KUNDURAN KABUPATEN BLORA TAHUN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
Halaman Depan.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)
[img] PDF
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF
Surat Pernyatan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

ABSTRAK Uswatun Khasanah NIM: A531130043. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Kegiatan Membatikuntuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B TK Muslimat 2 Tawangrejo Kunduran Blora Tahun 2015/2016. Skripsi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, September 2015 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan motorik halus melalui kegiatan membatik pada anak didik kelompok B semester I TK Muslimat 2 Tawangrejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Tahun 2015/2016, Sedangkan subyek penelitian ini semua anak didik kelompok B TK Muslimat 2 Tawangrejo, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dokumen anak berupa hasil kegiatan membatik dilaksanakan pada kondisi awal dan kondisi akhir siklus I dan siklus II yang terdiri dari materi kegiatan pembelajaran. Sumber data dari pendidik, hasil observasi yang sudah dilakukan selama kegiatan berlangsung dengan media pelepah pisang. Metode Analisis Data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan menganalisis data hasil pemberian tugas. Penelitian yang diperoleh sebelum diadakan perbaikan kelas (Pra siklus) anak mampu atau tuntas sebesar (32,94),Setelah diadakan penelitian meningkat pada siklus I anak yang mampu menyelesaikantugas tanpa bantuan meningkat menjadi 66,54%. karena hasilnya belum mencapai atau melampaui indikator keberhasilan, kemudian peneliti melakukan perbaikan kembali pada siklus II dan hasilnya anak yang mau menyelesaikan kegiatan membatik dengan media tissu meningkat. Untuk anak yang mampu 85,47%, hasilnya melebihi indikator keberhasilan yaitu 80%. Kesimpulannya penelitian ini berhasil. Keberhasilan ini tergantung karena pembelajarannya menggunakan metode pemberian tugas dan demonstrasi dengan media yang digunakan oleh guru variatif. Kata Kunci : Kegiatan membatik, Motorik Halus

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan membatik, Motorik Halus
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username a53i130043
Date Deposited: 29 Oct 2015 06:01
Last Modified: 29 Oct 2015 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38495

Actions (login required)

View Item View Item