ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Kelas XI IS Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009)

RIZQOH , BARROR (2009) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Kelas XI IS Semester Gasal Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210050120.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) cara siswa belajar akuntansi, 2) letak kesulitan yang dialami siswa dalam belajar akuntansi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IS 3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, sedangkan objek penelitian adalah kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi dan ditentukan dengan teknik snowball sampling. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstuktur, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1) cara siswa belajar akuntansi dengan memperhatikan penjelasan dari guru, mengerjakan latihan soal dan PR, mengulang pelajaran dan mempelajari materi yang akan dipelajari, 2) letak kesulitan yang dialami: siswa kesulitan menempatkan posisi debit dan kredit serta langkah-langkah dalam mengerjakan siklus akuntansi, siswa tidak mengetahui letak kesalahan dalam mengerjakan akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Cara belajar, letak kesulitan belajar akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:16
Last Modified: 16 Nov 2010 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item