Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Raudlatusshalihin Dan MIM Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Amri, M. Sholihul and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Dr. Ari Anshori, M.Ag (2015) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Raudlatusshalihin Dan MIM Ngembatpadas Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Surat Pernyatan publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Upaya memperbaiki kualitas dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan Kepala Sekolah dalam manajemen yang efektif. Maju mundurnya suatu sekolah tidak terlepas dari peran Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah berperan sebagai kekuatan sentral yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah. Untuk mewujudkan sekolah efektif dibutuhkan Kepala Sekolah yang paham tentang tujuan pendidikan, punya visi masa depan serta mampu mengaktualisasikan seluruh potensi yang ada menjadi suatu kekuatan yang bersinergi guna mencapai tujuan pendidikan. Adapun MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngembatpadas Gemolong merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan, sehingga membutuhkan pembenahan dalam manajemen yang dapat meningkatkan mutu pendidikannya. Penelitian ini memaparkan tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngemmbatpadas Gemolong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini memiliki tujuan utamanya untuk mendapatkan informasi yang valid tentang: 1) bagaimana peran kepala sekolah di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngemmbatpadas Gemolong tahun pelajaran 2013/2014, 2) bagaimana mutu pendidikan di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngembatpadas Gemolong tahun pelajaran 2013/2014, 3) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngemmbatpadas Gemolong tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah selaku manajer sekolah, guru Bahasa Indonesia dan Perwakilan murid di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngemmbatpadas Gemolong. Analisis data dengan proses berfikir induktif yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : Kepala MI Raudlatussholihin dan MIM Ngembatpadas telah menjalankan fungsi manajemen yaitu: Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian dengan baik. Kepala MI Raudlatussholihin dan MIM Ngembatpadas mampu berperan sebagi: edukator, manager, supervisor, administrator, motivator dan inovator. Kepala MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngembatpadas telah melaksanakan tahapan- tahapan dalam peningkatan mutu yaitu: evaluasi diri, perumusan visi misi dan tujuan, perencanaan dan pelaksanaan. Mutu pendidikan di MI Raudlatussholihin Gemolong dan MIM Ngembatpadas Gemolong sudah mengalami peningkatan dengan menaikkan kriteria kelulusan dan mengembangkan pendidikan karakter serta pembinaan manusia seutuhnya dengan mengintegrasikan iman, ilmu dan amal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Oct 2015 04:28
Last Modified: 12 Oct 2021 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38462

Actions (login required)

View Item View Item