Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Skrambel Siswa Kelas IV SDN 3 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014 / 2015

PRANOTO, HERU (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Skrambel Siswa Kelas IV SDN 3 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (515kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (853kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan pembelajaran Teknik Skrambel. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 3 Sembungharjo yang berjumlah 26 siswa dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diterapkan oleh peneliti saat di SDN 3 Sembungharjo melalui teknik skrambel menunjukkan siklus I pertemuan 1 kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 37,69% naik 12,43% yaitu 6 siswa atau 23,08% dari pra siklus. Pada siklus I pertemuan 2 kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 58,84% naik 21,15% yaitu 13 siswa atau 50,00% dari siklus I pertemuan 1. Hasil belajar siswa pada siklus I juga mengalami peningkatan, yaitu 57,69% atau 15 siswa telah mencapai KKM.Pada siklus II pertemuan 1 kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan menjadi 72,30% naik 13,46% yaitu 16 siswa atau 61,53% dari siklus I peretmuan 2. Pada siklus II pertemuan 2 kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan menjadi 87,63% naik 15,33% yaitu 25 siswa atau 96,15% dari siklus II peretmuan 2. Hasil belajar pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 80,77% atau sebanyak 21 siswa telah mencapai KKM. Prosentase membaca pemahaman dan hasil belajar tersebut telah mencapai indikator pencapaian yang diharapkan yaitu lebih dari 80%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Pemahaman, Skrambel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username a510080034
Date Deposited: 29 Oct 2015 04:46
Last Modified: 29 Oct 2015 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38455

Actions (login required)

View Item View Item