Peran Guru MTSN 1 Paron Di Bendo Dalam Pengembangan Keagamaan Di Desa Tempuran, Paron, Ngawi Tahun 2014

Mujib, Mujib and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peran Guru MTSN 1 Paron Di Bendo Dalam Pengembangan Keagamaan Di Desa Tempuran, Paron, Ngawi Tahun 2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI ILMIAH__.pdf

Download (447kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract

Peran Guru MTsN 1 Paron di Bendo dalam Pengembangan Keagamaan di Desa Tempuran, Paron, Ngawi Tahun 2014. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pandangan guru MTsN 1 Paron di Bendo tentang keagamaan di desa Tempuran, Paron, Ngawi? (2) Bagaimana Peran Guru MTsN 1 Paron di Bendo dalam Pengembangan Keagamaan di Desa Tempuran, Paron, Ngawi?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan pandangan guru MTsN 1 Paron di Bendo tentang keagamaan di desa Tempuran, Paron, Ngawi tahun 2014 dan untuk mendeskripsikan Peran Guru MTsN 1 Paron di Bendo dalam Pengembangan Keagamaan di Desa Tempuran, Paron, Ngawi tahun 2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena langsung menggali data di lapangan.Bertujuan untuk mengetahui peran guru MTsN 1 Paron di Bendo dalam pengembangan keagamaan di desa Tempuran dengan lokasi penelitian ini di MTs N 1 Paron di Bendo.Objek studi kepada kepala sekolah, guru dan masyarakat Tempuran.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun analisis data dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah pandangan guru MTsN 1 Paron di Bendo tentang keagamaan di desa Tempuran menunjukan bahwa masyarakatnya memiliki tingkat religiusitas yang tinggi dengan indikasi banyaknya kegiatan-kegiatan keagamaan di desa Tempuran seperti, pengajian hari besar Islam, majelis ta’lim dan dzikir, istighosah, yasinan, khataman, TPA (taman pendidikan Al-Quran) dan diniyah. Adapun peran guru MTsN 1 Paron di Bendo dalam pengembangan keagamaan di desa Tempuran melalui beberapa cara diantaranya a) sebagai pendidik yaitu dengan meningkatkan keagamaan masyarakat di desa Tempuran melalui proses pendidikan di sekolah, b) Peran sebagai pembimbing yaitu dengan membantu dalam pembinaan agama masyarakat melalui kajian keislaman di masjid desa Tempuran, c)Peran sebagai demonstrator yaitu dengan berperan aktif dalam kegiatan keagamaan yang diselenggarakan di desa Tempuran, seperti pengajian, baksos, khutbah jumat, d)Peran sebagai teladan dengan memberikan teladan yang baik di dalam sekolah dan masyarakat, e)Peran sebagai korektor yaitu dengan bekerja sama dengan masyarakat sebagai korektor dalam membantu penanaman nilainilai agama bagi anak, f) Peran sebagai inisiator yaitu dengan mengembangkan hal yang sudah ada menjadi sempurna dan menemukan hal-hal baru dalam pendidikan keagamaan di dalam masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Pengembangan, Keagamaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Oct 2015 03:03
Last Modified: 12 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38446

Actions (login required)

View Item View Item