Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Sains dengan Media Air pada Anak Kelompok B TK Muslimat 3 Kemiri Kunduran Blora Tahun Ajaran 2015/2016

Khosiah, Haniatun and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Sains dengan Media Air pada Anak Kelompok B TK Muslimat 3 Kemiri Kunduran Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (520kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran sains dengan media air pada anak TK Muslimat 3 Kemiri Kunduran Blora. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B pada TK Muslimat 3 Kemiri Kunduran Blora sebanyak 20 anak. Pelaksana pembelajaran penelitian ini dilaksanakan di TK Muslimat Kemiri pada Tahun pelajara 2015/2016 Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen, observasi dan pemberian tugas. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisisi deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka telah diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Muslimat 3 Kemiri Kunduran Blora dapat ditingkatkan menggunakan sains dengan media air. Hasil peenlitian dapat silihat dari kemampuan kognitif untuk criteria baik pada setiap siklusnya. Pada saat pra siklus menunjukkan rata-rata hasil pra siklus 25,31%, siklus I meningkat menjadi 68,75%, dengan pembelajaran yang variatif pada siklus II dapat mengalami peningkatan sebesar 86,25%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Kognitif, pembelajaran sains, media air
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username a53i130003
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:42
Last Modified: 09 Oct 2021 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38444

Actions (login required)

View Item View Item