Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kupu-Kupu pada Kelompok B di PAUD KB Tunas Harapan Plosorejo Kecamatan Kunduran Blora Tahun Ajaran 2015/2016

Sulastri, Endang and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tari Kupu-Kupu pada Kelompok B di PAUD KB Tunas Harapan Plosorejo Kecamatan Kunduran Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (697kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik; (2) Untuk meningkatkan keterampilan pendidik dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik; (3) Untuk menerapkan tari kupu-kupu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B di PAUD KB Tunas Harapan Plosorejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas karena peneliti berupaya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui tari kupu-kupu.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi anak, lembar evaluasi/ penilaian terhadap pola kuantitatif dan data kualitatif. Hasil yang dicapai dalam peningkatan kecerdasan kinestetik melalui tari kupu-kupu sebelum tindakan atau pra siklus hanya 5 anak atau 25% dengan pencapaian indikator 42,66% , pada siklus 1 yaitu ada peningkatan mencapai 73,37% atau 13 anak dan pada siklus II peningkatan kecerdasan kinestetik mencapai 89,7% atau 18 anak. Berdasarkan hasil yang dicapai tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui tari kupu-kupu terbukti dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak di kelompok B pada Paud KB Tunas Harapan Plosorejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan , kinestetik, tari kupu-kupu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username a53i130002
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:56
Last Modified: 09 Oct 2021 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38435

Actions (login required)

View Item View Item