Komunikasi Antarpribadi Anggota Komunitas 3C Terhadap Anak dengan Kanker (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Antarpribadi Anggota Komunitas Childhood Cancer Care (3C) Solo Terhadap Anak Dengan Kanker Di RSUD Dr. Moewardi Dalam Upaya Memotivasi Diri)

Cahyati, Rita and , Palupi, MA. and , Nur Latifa Umi Satiti, MA. (2015) Komunikasi Antarpribadi Anggota Komunitas 3C Terhadap Anak dengan Kanker (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Antarpribadi Anggota Komunitas Childhood Cancer Care (3C) Solo Terhadap Anak Dengan Kanker Di RSUD Dr. Moewardi Dalam Upaya Memotivasi Diri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (539kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (613kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia. Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak-anak juga berpotensi terkena kanker. Upaya pengendalian kanker pada anak di Solo dilakukan oleh sekelompok pemuda yang terbentuk dalam sebuah komunitas Childhood Cancer Care (3C) Solo. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi anggota komunitas 3C terhadap anak dengan kanker dalam memotivasi diri. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, yang pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan model Miles dan Huberman, dan keabsahan data itu sendiri diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi antara anggota 3C terhadap anak dengan kanker sama halnya komunikasi pada anak umumnya. Anggota 3C dalam menjalin hubungan dengan anak harus mengetahui karakteristik anak, memperhatikan mood anak, mengikuti keinginan anak, menggunakan bahasa yang halus, sopan dan sederhana agar mudah dimengerti. Hal tersebut salah satu upaya dalam memotivasi diri anak dengan kanker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi antarpribadi, komunikasi dengan anak, motivasi diri, anak dengan kanker
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username l100110080
Date Deposited: 29 Oct 2015 02:41
Last Modified: 20 Jan 2017 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38404

Actions (login required)

View Item View Item