Pemikiran Metode Dakwah Ahmed Deedat Dalam Buku “The Choice: Islam And Christianity” Dan Kontribusinya Terhadap Dakwah Kristologi

Fitriono, Eko Nani and , Dr. Moh. Abdul Khaliq Hasan, M.A., M.Ed and , Dr. Sudarno Shobron, M.Ag (2015) Pemikiran Metode Dakwah Ahmed Deedat Dalam Buku “The Choice: Islam And Christianity” Dan Kontribusinya Terhadap Dakwah Kristologi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Ilmiah.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran metode dakwah menurut Ahmed Deedat, sekaligus menggali sejauh mana metode dakwahnya berkontribusi terhadap dakwah Kristologi dalam hubungan antara Islam dan Kristen di masyarakat. Penelitian ini termasuk dalam telaah literatur. Metode yang digunakan adalah bersifat deskriptif analitis, yakni mendeskripsikan secara terperinci pemikiran metode dakwah Ahmed Deedat dalam bukunya “The Choice: Islam and Christianity”, kemudian menganalisa sesuai dengan sudut pandang atau pendekatan kesejarahan (historis) dan sosiologis. Pendekatan historis digunakan untuk melihat pemikirannya secara utuh, karena dengan sudut pandang sejarah akan mampu menjelaskan latar belakang pemikiran Ahmed Deedat yang melahirkan pandangannya terhadap metode dakwah dan melahirkan berbagai karyanya. Sementara, karena karya tersebut lahir dalam konteks interaksi Islam-Kristen, maka digunakan pula pendekatan Sosiologis. Hasil dari penelitian ini adalah Ahmed Deedat yang merupakan pionir dakwah Kristologi di Abad 20 berupaya memperkenalkan dan menawarkan metode, strategi, dan pendekatan dakwah dalam upaya membangun perspektif Islam terhadap Kristen. Isi dakwahnya cenderung bersifat comparative religion (perbandingan agama) dengan lebih dominan kepada pembahasan Islam-Kristen. Melalui karya terbesarnya “The Choice: Islam and Christianity” ia membangun konsep metode dakwah sesuai dengan sasaran dakwah. Yakni metode dakwah kepada muslim dan metode dakwah kepada umat Kristen. Bagi umat muslim, dakwah Kristologi akan mampu membangun benteng yang tangguh untuk semakin meyakini kebenaran Islam. Sementara, dakwah kepada umat Kristen dalam langkah meng-counter misi Kristenisasi dan upaya mengajak umat Kristen kepada kalimatin sawȃ (dalam hal ini Tauhid). Metode dakwah Ahmed Deedat mempunyai signifikansi dalam membangun konsep dakwah Kristologi dan upayanya untuk mendidik kedua agama (Islam-Kristen) dalam nuansa dialogis, sehingga ia dalam berdakwah selalu menekankan sumber-sumber yang obyektif, yakni menggali langsung literatur-literatur yang saling berhubungan antara Islam dan Kristen, terutama dari al-Qur‟an maupun Bibel. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan metode dakwahnya, ia menyadari hasil dakwahnya sepenuhnya adalah hak prerogatif Allah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ahmed Deedat; metode dakwah; the choice: Islam and Christianity; dakwah Kristologi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Oct 2015 06:44
Last Modified: 12 Oct 2021 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38362

Actions (login required)

View Item View Item