PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII D DI MTSN SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009

SUKAMTI, SRI (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII D DI MTSN SUMBERLAWANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420070011.pdf

Download (177kB)
[img] PDF
A420070011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIID MTsN SUMBERLAWANG Tahun Ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa sebesar 48.60 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 62.86, rata-rata siklus II meningkat menjadi 74.60, dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 81.70, menunjukkan setelah diberikan materi dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL) berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0.3996 point atau 39.96%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIID MTs N Sumberlawang Tahun Ajaran 2008/2009 pada aspek kognitif sebesar 0.3996 point atau 39.96%. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 22.37 (siswa kurang berminat), siklus II sebesar 32.95 (siswa cukup berminat), siklus III sebesar 41.67 (siswa berminat) Kata kunci: pendekatan kontektual (CTL), hasil belajar Biologi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontektual (CTL), hasil belajar Biologi siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 29 Jul 2009 08:35
Last Modified: 16 Nov 2010 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item