Kontribusi Pesantren Al-Ukhuwah dalam Penanaman Pendidikan Islam Non Formal di Masyarakat Kelurahan Joho Kecamatan Sukoharjo Tahun 2013/2014

Suyuti, Achmad Wildan and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. (2014) Kontribusi Pesantren Al-Ukhuwah dalam Penanaman Pendidikan Islam Non Formal di Masyarakat Kelurahan Joho Kecamatan Sukoharjo Tahun 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (389kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)

Abstract

Studi dalam penelitian ini adalah mengenai kontribusi pesantren Al-Ukhuwah dalam penanaman pendidikan islam non formal di masyarakat kelurahan Joho dan mendeskripsikan respon masyarakat tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripskan kontribusi pesantren Al-Ukhuwah dalam penanaman pendidikan islam non formal di masyarakat kelurahan Joho dan mendeskripsikan respon masyarakat tersebut Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data‐data yang dikumpulkan langsung dari lapangan terhadap obyek yang bersangkutan yaitu Pesantren Al-Ukhuwah Sukoharjo. Informan dari penelitian ini adalah Direktur Pesantren Al-Ukhuwah, beberapa ustadz yang berkecimpung dalam kegiatan dakwah, koordinator kegiatan dakwah (qismu dakwah), dan beberapa perwakilan masyarakat kelurahan Joho kecamatan Sukoharjo. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pesantren Al-Ukhuwah dalam penanaman pendidikan islam non formal di masyarakat kelurahan Joho ada beberapa program yaitu, program majelis taklim di masjid ibnu utsaimin sukoharjo, program keislaman di radio SQ Abror dan Insan Tv serta program Ma’had Aly I’dad Duat di Pesantren Al-Ukhuwah Sukoharjo. Menurut analisis peneliti, respon masyarakat kelurahan Joho terhadap tiga kontribusi di atas cukup positif. Hal ini dapat dilihat dari respon yang mereka tunjukkan saat wawancara dengan penulis baik respon dari aspek kognitif, afektif maupun konatif yang intinya menunjukkan perasaan suka dan dukungan serta terwujud dari tindakan mereka dalam keikut sertaan dalam program kontribusi tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pesantren; pendidikan Islam non formal dan masyarakat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Oct 2015 05:13
Last Modified: 19 Oct 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38345

Actions (login required)

View Item View Item