Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 3 Kaliwungu dan SMP Muhammadiyah 6 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014

Inayati, Nurul Latifatul and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. (2014) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 3 Kaliwungu dan SMP Muhammadiyah 6 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (706kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan peran kepala sekolah, profesionalisme guru selama ini, dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungudan SMP Muhammadiyah 6 Kendal. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan memakai pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: pelaksanaan peran kepala sekolah di dua sekolah tersebut selama ini secara umum tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Peran sebagai pendidik, manajer sekolah, administrator, supervisor, leader, climator, motivator, entrepreneur/innovator telah dilaksanakan dengan baik. Namun demikian peran sebagai entrepreneur/innovator belum secara maksimal dilakukan, karena di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu terkendala oleh ketersediaan dana yang terbatas untuk kelengkapan sarana prasarana sekolah, kurangnya fasilitas bimbingan belajar siswa sehingga apabila mengikuti perlombaan bidang akademik selalu kalah oleh sekolah negeri, tetapi menonjol padabidang non akademik. Sedangkan di SMP Muhammadiyah 6 Kendal terkendala juga oleh dana yang terbatas, kurang kreatifitas dalam menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan. Kedua:profesionalisme guru di dua sekolah tersebut selama ini secara kuantitas telah memiliki jumlah guru yang cukup, setiap guru mengajar telah disesuaikan dengan kualifikasi pendidikannya. Dilihat dari segi kualitas kinerja secara umum cukup disiplin dan lincah. Ketiga:upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di dua sekolah tersebut dengan membuat perencanaan kerja sekolah jangka 4 tahun dan 1 tahun dalam hal pendidik dan tenaga kependidikan, serta melaksanakan berbagai upaya peningkatan profesionalisme guru meliputi: pembinaan kedisiplinan kerja, pemberian motivasi dan penghargaan, menjalin hubungan kerja yang baik, pemberian dan pemenuhan kesejahteraan dan jaminan keselamatan kerja, menyediakan kebutuhan aktualisasi diri dan pengembangan diri, mengikuti pelatihan kependidikan, ikut serta MGMP, seminar, workshop, diklat, pendidikan lanjut, dan program sertifikasi guru.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah; profesionalisme guru; upaya peningkatan profesionalisme guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:56
Last Modified: 19 Oct 2021 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38341

Actions (login required)

View Item View Item