Efektivitas Pendidikan Gizi Dengan Metode Dongeng Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Gizi Seimbang Di SDN 3 Makamhaji Kartasura

Darajat, Raafiud and , Dwi Sarbini, SST, M.Kes and , Endang Nur W., SST., Msi Med (2015) Efektivitas Pendidikan Gizi Dengan Metode Dongeng Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Gizi Seimbang Di SDN 3 Makamhaji Kartasura. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (707kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Pendahuluan : Pendidikan tidak terlepas dari proses belajar mengajar. Dalam proses belajar dibutuhkan alat bantu atau media yang dapat digunakan untuk mempermudah menyampaikan pesan kepada sasaran. Pemilihan media belajar harus berdasarkan pada tujuan pembelajaran dan kemampuan belajar siswa. Pembelajaran dengan metode dongeng merupakan salah satu hal yang menarik untuk anak sekolah dasar, dimana di masa-masa itulah imajinasi anak masih segar, dan dapat dikembangkan. Tujuan :Mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan anak sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan pendidikan gizi dengan metode Dongeng. Metode Penelitian : Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest and Post Test One Group. Hasil Penelitian :Menunjukan nilai p < 0,05 yang berarti pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan metode dongeng tentang gizi seimbang terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan : Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan tentang pendidikan gizi seimbang dengan metode dongeng terhadap pengetahuan anak SD N Makamhaji 3 Kartasura.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Education, balanced nutrition guide, educational media, storytelling method.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Unnamed user with username j300120052
Date Deposited: 28 Oct 2015 09:47
Last Modified: 15 Sep 2022 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38333

Actions (login required)

View Item View Item