Kesiapan Menjadi Orang Tua Pada Keluarga Muda Usia Pernikahan 1-3 Tahun Desa Wonorejo Sukoharjo (Studi Kasus Keluarga Muda Kawas¬an Pondok Pesantren Imam Syuhodo)

SEPTYANINDA, Taqwa Hasma (2015) Kesiapan Menjadi Orang Tua Pada Keluarga Muda Usia Pernikahan 1-3 Tahun Desa Wonorejo Sukoharjo (Studi Kasus Keluarga Muda Kawas¬an Pondok Pesantren Imam Syuhodo). Skripsi thesis, Uniersitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
04. BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Bab 2)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] PDF (Bab 3)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab 4)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Bab 5)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. surat Pernyataan Publikasi karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)

Abstract

Orang tua adalah partner satu sama lain menuju kehidupan dunia dan akhirat. Tidak dipungkiri, segalanya untuk menjadi orang tua perlu dipersiapkan secara matang guna menyongsong masa depan cerah. Pimpinan Pusat ‘Aisiyah (1994), bahwa ayah dan ibu memiliki tugas untuk mendidik anak-anaknya dan menjadikan keluarganya menjadi sakinah. Masing-masing ayah dan ibu mengerti apa yang harus dilakukan untuk anaknya. Namun, tidak dipungkiri ada juga yang belum mengerti. Data lapangan menunjukkan bahwa gaya hidup merokok dan pengetahuan yang minim tentang pemberian ASI masih ditemukan pada keluarga muslim muda. Padahal perlu adanya pengetahuan yang dapat mendukung menjadi orang tua yang berkualitas. Untuk menjadi orang tua berkualitas tentu diperlukan adanya kesiapan. Kesiapan adalah tingkat perkembangan dari kematangan yang menguntungkan ketika dipraktikkan. Penelitian Brooks (2011) menunjukkan bahwa kesiapan menjadi orang tua didasarkan atas empat hal, yaitu kondisi sosioekonomi, kondisi psikologis, intelektual, dan gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kesiapan menjadi orang tua pada keluarga muda. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Karakteristik informan adalah sebagai berikut 1) Keluarga muslim muda usia 1-3 tahun, 2) Domisili di Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo. Informan berjumlah empat orang, yang terdiri dari dua keluarga muda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek psikologis yang mempengaruhi kesiapan keluarga muda menjadi orang tua adalah penyesuaian diri, motivasi, kognitif, dan strategi coping. Kemudian terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi kesiapan keluarga muda menjadi orang tua, yaitu finansial dan lingkungan. Selain aspek psikologis dan faktor eksternal, kondisi kesehatan juga mempengaruhi kesiapan keluarga muda menjadi orang tua. Tiga hal tersebut memiliki hubungan yang saling ketergantungan sehingga sulit untuk berdiri sendiri. Kombinasi ketiganya memunculkan tanggungjawab orang tua terhadap anak. Ayah sebagai imam dan ibu sebagai madrosatul ‘ulaa. Keluarga Muslim membimbing anaknya dengan ilmu dan keteladanan. Kaidah ikatan dan kaidah peringatan menjadi ruh dalam keluarga. Mereka mengikat anak dengan al-Qur’an al-Karim, mengikat anak dengan dakwah dan da’i, mengikat anak dengan teman-teman yang shalih, serta selalu memperingatkan terhadap hal-hal yang haram. Kata kunci :Kesiapan, kesiapan menjadi orang tua, keluarga muslim muda

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, kesiapan menjadi orang tua, keluarga muslim muda
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with username f100100018
Date Deposited: 11 Jan 2016 01:41
Last Modified: 11 Jan 2016 01:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38317

Actions (login required)

View Item View Item