Aspek Tasawuf Dalam Manuskrip Beraksara Pegon : Kajian atas Serat Munjiyat Karya Kyai Saleh Darat dan Singir Parase Nabi Karya Anonim

Astuti, Kabul and , Dr. Sudarno Shobron, M.Ag and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2015) Aspek Tasawuf Dalam Manuskrip Beraksara Pegon : Kajian atas Serat Munjiyat Karya Kyai Saleh Darat dan Singir Parase Nabi Karya Anonim. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Tesis.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Thesis-Bagian Awal.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menguraikan aspekaspek tasawuf yang terdapat dalam Serat Munjiyat dan Singir Parase Nabi serta menjelaskan relevansinya dengan realitas kekinian umat Islam. Aksara pegon merupakan salah satu wujud peradaban Islam yang hanya ada di tengah masyarakat Islam-Jawa. Aksara tersebut juga membedakan antara tradisi tulis di kalangan santri dengan tradisi tulis kraton yang beraksara Jawa. Manuskripmanuskrip Islam beraksara pegon mengandung berbagai aspek peradaban Islam, sekaligus memberikan gambaran kondisi keislaman masyarakat Jawa zaman dulu. Atas dasar itulah, penelitian ini memfokuskan pada naskah-naskah beraksara pegon, yaitu Serat Munjiyat karya Kyai Saleh Darat dan Singir Parase Nabi karya anonim. Kedua naskah tersebut berasal dari koleksi perpustakaan Museum Sonobudoyo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang menggabungkan dua macam pendekatan, yaitu pendekatan filologis dan pendekatan sejarah (historical approach). Sumber primer dalam penelitian ini adalah Serat Munjiyat dan Singir Parase Nabi yang tersimpan di perpustakaan Museum Sonobudoyo, Yogyakarta. Adapun sumber sekunder yang digunakan ialah dua variasi naskah Singir Parase Nabi, Ihya’ Ulumuddin, jurnal, dan beberapa hasil penelitian terdahulu. Sebelum melakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan transliterasi, yakni pengalihaksaraan dari aksara pegon ke aksara latin.Untuk memahami isi kandungan naskah, digunakan metode content analysis, interpretasi, dan verstehen. Selanjutnya, digunakan pendekatan sejarah guna menjelaskan aspek-aspek peradaban Islam yang terdapat dalam naskah dan elevansinya dengan kondisi kekinian umat Islam. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tiga aspek peradaban Islam, yaitu tasawuf, sastra Islam, dan aksara pegon. Serat Munjiyat merupakan ikhtisar bab 3- 4 kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Ajaran tasawuf yang terkandung dalam kitab ini adalah tazkiyatun nafs atau penyucian hati. Sementara itu, Singir Parase Nabi termasuk sastra Islam karena naskah ini ditulis dalam bentuk singir atau syair. Singir ini berisi riwayat masa kecil Nabi, peristiwa bercukurnya Nabi, dan dzikir asmaul husna. Singir tersebut berfungsi sebagai salah satu sarana untuk menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah di tengah masyarakat. Aksara pegon merupakan sistem aksara yang digunakan dalam kedua naskah tersebut. Aksara ini membentuk identitas yang distingtif bagi kalangan santri di Jawa abad 17-19. Ketiga aspek ini memiliki relevansi dengan kondisi kekinian umat Islam dalam dinamikanya masing-masing.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: serat munjiyat; singir parase Nabi; manuskrip; aksara pegon
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:45
Last Modified: 12 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38306

Actions (login required)

View Item View Item