PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 4 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

PRABOWO, SIGIT ARI (2009) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 4 KARANGANOM KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050007.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A420050007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIF SMP Negeri 4 Karanganom Klaten tahun ajaran 2008/2009 dengan strategi TAI (Team Accelerated Instruction) untuk pokok bahasan organisasi kehidupan. Metode penelitian dengan strategi TAI (Team Accelerated Instruction) dilakukan dalam dua siklus. Eksperimen dilakukan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post-test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIIF pada siklus I (Aspek kognitif = 6,83 atau meningkat sebesar 2,93 dari rata-rata nilai awal; aspek afektif = 24,23 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 8,73 atau meningkat sebesar 1,9 dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 43,9 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 19,67 dari siklus I). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi TAI (Team Accelerated Instruction) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIF SMP Negeri 4 Karanganom Klaten tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, strategi TAI (Team Accelerated Instruction)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 29 Jul 2009 08:03
Last Modified: 02 May 2011 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item