Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Aktifitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Purba Hanugraha, Dhania and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Aktifitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (606kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, 2) adanya pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, 3) adanya pengaruh kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 160 siswa dengan sampel 110 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=15,545+0,991X1+0,463X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 5,349 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,160 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,033; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 35,249 > 3,081 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 75,64% dan sumbangan efektif sebesar 30%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 24,37% dan sumbangan efektif sebesar 9,7%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,397 yang berarti 39,7% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa, sisanya sebesar 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210090220
Date Deposited: 27 Oct 2015 06:41
Last Modified: 12 Oct 2021 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38260

Actions (login required)

View Item View Item