Pemanfaatan Video Dalam Proses Pembelajaran Sub Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulananya Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 3 Karanganyar

PUTRANTO, PANDU SENO and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Pemanfaatan Video Dalam Proses Pembelajaran Sub Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulananya Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 3 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI PANDU.pdf

Download (845kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf

Download (990kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (BAB II)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran di dalam kelas yang kurang efektif di karenakan keterbatasan guru untuk membuat media untuk menunjang proses pembelajaran supaya lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan media video untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya bagi guru dan siswa,ingin mengetahui model video yang di butuhkan siswa dalam pemahaman pembelajaran dan ingin mengetahui efektifitas untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya, dengan mengembangkan produk media video sub tema Permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya. Model pengembangan ini mengacu pada Dick and Carrey yaitu dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengembangan produk video melalui tahap validasi ahli, respon siswa dengan rata-rata 3,32 yang di kategorikan sangat baik, respon guru dengan rata-rata 3,00 yang di kategorikan baik, hasil penelitian dan pengembangan video, nilai rata-rata kelas eksperimen yang mulanya 69,25 setelah menggunakan produk menjadi 75,88, sedangkang kelas kontrol 69,69 menjadi 75,06. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan produk video dan kelas kontrol tanpa perlakuan produk yang di katakan efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video, Hasil belajar siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Unnamed user with username a610110006
Date Deposited: 28 Oct 2015 01:20
Last Modified: 11 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38242

Actions (login required)

View Item View Item