PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BATURETNO WONOGIRI

ISTIAWAN, TITIN DWI (2009) PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BATURETNO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050067.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
A210050067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru; (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) Untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang penarikan kesimpulannya didasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Baturetno Wonogiri yang berjumlah 65 orang, sedangkan yang dijadikan sebagai sampel sebesar 56 orang, sehingga dapat juga disebut penelitian sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 4,769 + 0,367.X1 + 0,461.X2. Persamaan menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah (X2) memiliki pengaruh lebih besar (dominan) terhadap kinerja guru dibandingkan dengan variabel iklim organisasi. Hasil analisis juga memperolah hasil: (1) Iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal terbukti dari nilai thitung > ttabel (3,544 > 2,000) pada taraf signifikansi 1%. Artinya tinggi rendahnya kinerja guru ditentukan oleh baik tidaknya iklim organisasi. Semakin baik iklim organisasi, maka semakin tinggi kinerja guru; (2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal terbukti dari nilai thitung > ttabel (4,763 > 2,000) pada taraf signifikansi 1%. Artinya tinggi rendahnya kinerja guru ditentukan oleh baik tidaknya persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah. Semakin baik persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin tinggi kinerja guru; (3) Iklim organisasi dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Baturetno Wonogiri tahun 2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh Fhitung > Ftabel (31,787 > 3,15) pada taraf signifikansi 1%. Perhitungan sumbangan relatif dan efektif menunjukkan bahwa iklim organisasi memberikan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif 21,8% terhadap kinerja guru. Variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 60% dan sumbangan efektif 32,7% terhadap kinerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklim organisasi, persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jul 2009 02:05
Last Modified: 24 Oct 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item View Item