Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrohman Bin Auf (Analisa Relevansi Kurikulum Pesantren dengan Kebutuhan Masyarakat)

RIFA’I, Muhammad Nur (2014) Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrohman Bin Auf (Analisa Relevansi Kurikulum Pesantren dengan Kebutuhan Masyarakat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN DEPAN.pdf

Download (603kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB 6 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan, yang dipengaruhi dan ditentukan oleh pribadi para pendiri dan pendampingnya. Dewasa ini banyak bermunculan pesantren yang tidak hanya menawarkan pendidikan keagamaan tetapi juga pendidikan umum. Hal tersebut dapat dilihat dari kurikulum yang disusun oleh para pengasuh pesantren. Kurikulum merupakan segala pengalaman yang diberikan oleh sekolah kepada seluruh anak didiknya, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf salah satu dari sekian banyak pesantren yang menawarkan pendidikan umum kepada para santrinya, dengan pendidikan berbasis kewirausahaan tanpa mengurangi pendidikan agama. Dengan penerapan kurikulum kewirausahaan dan agama diharapkan santri tidak hanya pandai dalam berdakwah, akan tetapi juga mampu untuk berbaur dan mengembangkan potensi ekonomi di tengah masyarat. Santri yang berasal dari kalangan dhuafa diharapkan dapat meraih sukses dunia dan akhirat dengan pengalaman belajar wirausaha selama di pesantren. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana kurikulum Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf? dan relevansi kurikulum pesantren dengan kebutuhan masyarakat saat ini?. Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan kurikulum Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf dan relevansi kurikulum pesantren dengan kebutuhan masyarakat. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yang memberi kontribusi bagi pesantren dalam memperluas pengetahuan khususnya di bidang perkembangan dunia pesantren dan wirausaha. Manfaat praktis berguna bagi Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf dalam memberikan informasi untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya kaum dhuafa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil lokasi di pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan wawancara meliputi, wawancara kepada direktur pesantren, bidang kurikulum pesantren, dan santri, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari masalah khusus ke masalah-masalah umum. Adapun pemaparan analisis data mengunakan deskriptik analitik. Pondok Pesantren Wirausaha Agrobisnis Abdurrahman bin Auf ingin menjadi lembaga pendidikan yang mampu menjembatani kesenjangan sosial di Indonesia. Pesantren yang didirikan untuk kaum dhuafa ini, diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan mencetak lulusan yang siap menjadi wirausahawan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Kurikulum, Wirausaha
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:43
Last Modified: 27 Oct 2015 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38235

Actions (login required)

View Item View Item