PENGARUH MINAT MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

SARI, NOVITA TRIANA (2009) PENGARUH MINAT MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050055.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
A210050055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh minat membaca buku perpustakaan dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan teknik proposional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 31,917 + 0,766.X1 + 1,048.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat membaca buku perpustakaan dan media pembelajaran. Besar pengaruh minat membaca buku perpustakaan dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 68,9%, sedangkan 30,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya intelegensi, lingkungan belajar, dan ketekunan belajar. Variabel pengaruh minat membaca buku perpustakaan memberikan sumbangan efektif 30,7%, sedangkan media pembelajaran memberikan sumbangan efektif 38,2% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat membaca buku perpustakaan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,662 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (4,358 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) Minat membaca buku perpustakaan dan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (40,921 > 3,23) diterima pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat membaca buku perpustakaan, media pembelajaran, prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 07:36
Last Modified: 16 Nov 2010 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item