MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL T3C DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

ASTUTI , LULUK DWI (2009) MEMBANGUN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL T3C DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050050.pdf

Download (45kB)
[img] PDF
A210050050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas siswa dalam pembelajaran akuntansi untuk membuat dan menyampaikan ide-idenya masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya penguasaan materi dan kurang adanya dorongan dari guru untuk memunculkan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan kreativitas siswa kelas XI SMA pada pembelajaran akuntansi melalui model T3C. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pembelajaran dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI akuntansi di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah sebanyak 144 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas (masing-masing 41 siswa) yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data kreativitas diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh dua orang observer. Selain itu digunakan metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji t (uji beda) setelah sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji t memeperoleh nilai thitung > ttabel (6,357 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%, maka Ho ditolak. Artinya, terdapat perbedaan kreativitas siswa dalam belajar akuntansi antara kelompok siswa yang diberi pembelajaran model T3C dan non T3C. Model T3C dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa yang diberi pembelajaran dengan model T3C memiliki kreativitas lebih tinggi (70,780) dibandingkan kreativitas belajar siswa dengan pembelajaran model non T3C (58,390) atau terdapat selisih sebesar 12,390. Pembelajaran dengan model T3C lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, T3C, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 07:23
Last Modified: 16 Nov 2010 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3819

Actions (login required)

View Item View Item