Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keadaan Alam Di Indonesia Kelas VII

Ayuningsih, Sari and , Drs. Dahroni, M.Si (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keadaan Alam Di Indonesia Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammaiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (HA;LAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
1. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 pada mata pelajaran IPS materi keadaan alam di Indonesia kelas VII (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 pada mata pelajaran IPS materi keadaan alam di Indonesia kelas VII (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 pada mata pelajaran IPS materi keadaan alam di Indonesia kelas VII terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model prosedural dengan langkah-langkah yang diadaptasi dari Dick and Carrey. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Surakarta II dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) pengembangan media pembelajaran interaktif dilakukan melalui beberapa tahap, yang pertama adalah melakukan analisis kebutuhan siswa dan guru, kemudian tahap pengembangan produk dengan cara penyusunan materi, KI, KD, tujuan pembelajaran, dan desain media. Tahap selanjutnya adalah penilaian media oleh ahli materi dan ahli media, dan tahap yang terakhir adalah uji coba perorangan yang dilakukan oleh guru dan uji coba lapangan oleh siswa. (2) Hasil penilaian kelayakan media oleh ahli materi adalah sebesar 83.33%. Sedangkan penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh nilai 85.93%. Hasil tanggapan siswa terhadap media memperoleh nilai sebesar 96.07% artinya media pembelajaran sudah sangat baik. (3) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif meningkat 18.48 dari sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif, sedangkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif hanya mengalami peningkatan sebesar 7.56.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: adobe flash, ips, media pembelajaran, pengembangan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Sari Ayuningsih
Date Deposited: 26 Oct 2015 07:49
Last Modified: 11 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38178

Actions (login required)

View Item View Item