PENGARUH KOMPETENSI GURU, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN 2007/2008

ARTIKAWATI , WENY (2009) PENGARUH KOMPETENSI GURU, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050043.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
A210050043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, pemanfaatan sumber belajar serta motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada di SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun 2007/2008, sebagai populasi adalah guru SMA Negeri 1 Teras Boyolali. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa dan 40 orang guru. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu angket uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5, angket diketahui valid karena nilai r hitung > 0,444 dan reliabel karena nilai α > 0,6. Setelah dilakukan uji angket dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan linieritas, data terdistribusi normal karena nilai signifikansi > 0,05 dan dinyatakan linier karena nilai signifikansi uji F > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,588. Nilai tersebut didukung oleh thitung sebesar 2,866, sementara t tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 2,021 atau 2, 866> 2,021. Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh pemanfaatan sumber belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,235. Nilai tersebut didukung oleh thitung sebesar 2,278, sementara t tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 2,021 atau 2,278> 2,021. Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi pengaruh motivasi belajar siswa (X3) terhadap prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,349. Nilai tersebut didukung oleh thitung sebesar 2,374, sementara t tabel dengan tingkat signifikansi 5% sebesar 2,021 atau 2,374> 2,021. Kompetensi, pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa secara bersama. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 3,353 sementara F tabel n = 40, k = 3, sebesar 2,84 atau 3,353 > 2,84 hasil tersebut meunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X1), pemanfaatan sumber belajar (X2), dan motivasi belajar siswa (X3) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara bersama/serempak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, pemanfaatan sumber belajar serta motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 07:13
Last Modified: 02 Jan 2012 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item