Upaya Ustadz Dalam Mengajarkan Rukun Iman Kepada Malaikat Bagi Kelas I Kmi Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tahun Pelajaran 2014/2015

ANSHORI, Ridho Faridh and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2015) Upaya Ustadz Dalam Mengajarkan Rukun Iman Kepada Malaikat Bagi Kelas I Kmi Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiri)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Rukun Iman yang kedua dalam Islam ialah iman kepada Malaikat. Baik al- Qur’an, as-Sunah, maupun ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin telah menunjukkan wajibnya beriman kepada para Malaikat. Mengingkari keberadaan para Malaikat sama artinya dengan mengingkari Allah SWT. Para Malaikat berada di alam ghaib yang tidak bersifat materi, tetapi sebagai tabiatnya dia dapat menjelma ke alam materi. Pengetahuan tentang Malaikat hanya berdasarkan al-Qur’an dan keterangan-keterangan Nabi SAW. Pada umumnya yang kita ketahui adalah Malaikat diciptakan Allah dari nur atau cahaya. Upaya Ustadz agama dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar khususnya rukun iman dalam bab Malaikat sering kali tidak memenuhi tujuan yang telah ditetapkan karena materi yang diajarkan adalah suatu hal yang abstrak atau ghaib, sehingga pemahaman terhadap materi tentang iman terhadap mailaikat tidak dapat diukur dengan perangkat pembelajaran tertentu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya dan kendala Ustadz aqidah dalam mengajarkan rukun iman kepada Malaikat bagi santri kelas I KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa teknik analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif yang berangkat dari fakta-fakta lapangan kemudian ditarik kesimpulan kedalam data yang bersifat umum . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa upaya Ustadz dalam mengajarkan rukun iman kepada Malaikat bagi siswa kelas I KMI Pondok Pesantren Ta’mirul Islam melalui tahap rencana, pelaksanaan, dan evaluasi yang sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kendala bagi para santri tentang materi rukun iman kepada malaikat yaitu para santri masih belum sepenuhnya lancar melafalkan dalil-dalil naqliy tentang Malaikat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Mengajar, Rukun Iman kepada Malaikat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Oct 2015 05:27
Last Modified: 07 Oct 2021 14:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38166

Actions (login required)

View Item View Item