Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015

SAHID, Sahid (2015) Pengaruh Pendidikan Anti Korupsi Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2 BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab III)
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab VI)
7 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
9 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
11 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (429kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
12 SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan anti korupsi terhadap akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder, yaitu data yang di ambil langsung dari sumber informasi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian keislaman dan kemuhammadiyahan dan guru mata pelajaran di SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali. Teknik pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode deduktif, yaitu suatu cara berfikir yang dimana masih menjadi alat penelitian sejak memilih, menemukan masalah membangun hipotesis, maupun melakukan pengamatan dilapangan sampai dengan menguji data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pendidikan anti korupsi berpengaruh terhadap akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Andong Kabupaten Boyolali. walaupun belum nampak secara menyeluruh, namun setidaknya sudah ada perubahan dengan apa yang di rasakan oleh pihak sekolah SMA Muhammadiya 4 Andong Kabupaten Boyolali. 2) Dengan menanamankan pendidikan anti korupsi akan mendorong siswa untuk memiliki kepribadian yang mencerminkan perilaku anti korupsi. Kemudian, perilaku anti korupsi yang dimiliki siswa akan berdampak pada akhlak siswa, sehingga akan tercermin pada kehidupan sehari-hari. 3) Nilai-nilai pendidikan anti korupsi yang di ajarkan khususnya pada kelas XI SMA adalah jujur, tanggung jawab dan disiplin. Namun nilai-nilai pendidikan anti korupsi di SMA Muhammadiyah 4 Andong antara lain: sederhana, bekerja keras, mandiri, bertanggung jawab, disiplin, jujur, adil, berani, peduli. 4) Secara keseluruhan akhlak siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Andong Boyolali baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan anti korupsi, akhlak, siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:54
Last Modified: 26 Oct 2015 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38159

Actions (login required)

View Item View Item