PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI DI SMK GAJAH MADA O1 MARGOYOSO PATI TAHUN 2008/2009

Marfuah , Siti (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI DI SMK GAJAH MADA O1 MARGOYOSO PATI TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050041.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A210050041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya dan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 148 siswa (3 kelas). Peneliti mengambil sampel sebanyak 37 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket yang disusun terlebih dahulu diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 19,752 + 0,815.X1 + 0,689.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi guru dan perhatian orang tua. Berdasarkan hasil di atas dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Gajah Mad 01 Margoyo Pati tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (4,429 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. Persepsi siswa tentang kompetensi guru memberikan kontribusi sebesar 43,5% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Gajah Mad 01 Margoyo Pati tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,141 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 28,9% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Persepsi siswa tentang kompetensi guru dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (44,588 > 3,33) diterima pada taraf signifikansi 5%. Persepsi siswa tentang kompetensi guru dan perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 72,4% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa tentang kompetensi guru, perhatian orang tua, prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 07:06
Last Modified: 24 Oct 2011 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item