PENGARUH PEMBERIAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA SERTA MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKONOMI (Pada siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara)

Rakhmawati, Risa (2009) PENGARUH PEMBERIAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DAN KEMAMPUAN EKONOMI ORANG TUA SERTA MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKONOMI (Pada siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img]
Preview
PDF
A210050036.pdf

Download (312kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dana Bantuan Operasional Sekolah dan kemampuan ekonomi orang tua serta minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara tahun 2008/2009 yang berjumlah 160 orang. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pemberian BOS berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,829 diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Kemampuan ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,083 diterima pada taraf signifikansi 5% (3) Minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,177 diterima pada taraf signifikansi 5%. (4) Pemberian BOS, kemampuan ekonomi orang tua, dan minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 01 Kedung Jepara tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 49,397 diterima pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi: Y = 6,182 + 3,439.X1 + 0,562.X¬2 + 0,509.X¬3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemberian BOS, kemampuan ekonomi orang tua, dan minat belajar siswa. Nilai koefisien dalam persamaan menunjukkan bahwa minat belajar siswa merupakan variabel yang memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel pemberian BOS atau kemampuan ekonomi orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bantuan Operasional Sekolah, Kemampuan Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 06:31
Last Modified: 16 Nov 2010 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item View Item