Pengaruh Variasi Arus terhadap Struktur Mikro, Kekerasan dan Kekuatan Sambungan pada Proses Pengelasan Alumunium dengan Metode MIG

Aji, Lastono (2015) Pengaruh Variasi Arus terhadap Struktur Mikro, Kekerasan dan Kekuatan Sambungan pada Proses Pengelasan Alumunium dengan Metode MIG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (881kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dalam merancang suatu konstruksi permesinan atau bangunan yang menggunakan sambungan las banyak faktor yang harus diperhatikan seperti keahlian dalam mengelas, pengetahuan yang memadai tentang prosedur pengelasan, sifat-sifat bahan yang akan di las untuk mengetahui arus listrik yang optimum yang menghasilkan produk yang terbaik. Salah satu parameter prosedur pengelasan yang mempengaruhi sifat mekanis logam las adalah besar arus las. Pada penelitian ini di teliti kekuatan sambungan las pada Aluminium seri 6015 dengan variasi kuat arus listrik pada proses las MIG (Metal Inert Gas). Spesimen uji tarik yang digunakan menggunakan standar ASTM E 8, uji struktur mikro enggunakan standar ASTM E 3 dan uji kekerasan menggunakan standar ASTM E 92. Variasi kuat arus yang dipakai adalah 70 A, 75 A, 80 A, 85 A dan 90 A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kuat arus listrik mempunyai pengaruh yang nyata terhadap struktur mikro, kekerasan dan kekuatan tarik sambungan las aluminium seri 6015 dengan proses las MIG; pola hubungan yang paling mendekati antara kuat arus dengan kekuatan tarik sambungan las aluminium seri 6015 dengan proses las MIG, kalo di lihat dari struktur mikro semakin besar arus yang digunakan semakin besar pula dedrit tersebut yang akan mempengaruhi sifat-sifat bahan, sedangkan kekuatan sambungan las tertinggi diperoleh pada pengelasan dengan menggunakan kuat arus 90 Ampere, dengan kekuatan sambungan las yang dihasilkan sebesar 134.44 N/mm2. dan kekerasan tertinggi pada daerah HAZ adalah pada arus 70 Ampere sebesar 50.9 VHN, dan kekerasan tertinggi pda daerah las adalah pada arus 85 A sebesar 67.56 VHN.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Las MIG, Kekuatan sambungan las, Aluminium 6015
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Oct 2015 09:42
Last Modified: 23 Oct 2015 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38102

Actions (login required)

View Item View Item